Pasar pagi di UGM, Jogja..

Satu lagi yang menarik saat berada di Jogja. Setiap minggu pagi, kawasan olahraga Grha Saba Pramana Univesritas Gadjah Mada (GSP UGM) selalu ramai dengan orang-orang yang berolah raga bersama keluarga atau teman mereka. Selepas berolahraga, biasanya mereka lantas mencari makanan dan minuman untuk sekadar mengganjal perut serta menikmati suasana pagi beramai-ramai. GSP UGM menawarkan berbagai macam makanan, selain itu, para pedagang juga menawarkan barang-barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari baju, sandal, kaos kaki, hingga pernak-pernik. Kalian akan menemukan banyak pedagang yang mulai menggelar dagangannya di sekitar Lembah UGM, Masjid UGM, hingga Kampus Diploma Ekonomi UGM.
Pasar ini disebut sebagai Pasar tiban atau pasar dadakan yang hanya muncul setiap hari Minggu mulai pukul 05.00 – 12.00 WIB. Oleh karena pasar dadakan ini hanya ada di Minggu pagi, maka pasar ini dikenal dengan nama Sunday Morning dan disingkat menjadi Sunmor. Saat ini, keberadaan Sunmor sudah begitu lekat di hati masyarakat dan para pendatang. Ada semacam aturan tidak tertulis di kalangan mahasiswa, bahwa siapapun yang pernah menjadi penghuni Jogja harus pernah berkunjung ke Sunday Morning.
Bagi Anda yang sedang berwisata ke Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mengunjungi Sunday Morning yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman ini. Sembari berolahraga menikmati segarnya udara di Minggu pagi, Anda juga bisa icip-icip beragam kuliner atau memborong pernak-pernik dengan harga yang relatif murah khas mahasiswa.
Ada beragam menu pilihan yang ditawarkan di Sunday Morning. Selain makanan berat dan mengenyangkan seperti gudeg, ketupat sayut, lontong opor, batagor, siomay, dan sate, ada juga berbagai camilan dan lauk pauk seperti pepes, jamur crispy, tempura, otak-otak, dan lain-lain. Para pedagang kuliner ini terletak di blok utara, di depan lembah dan Fakultas Filsafat UGM.
Setelah mengisi perut, Anda dapat melanjutkan jalan-jalan dengan berburu barang-barang unik dan menarik dengan harga yang murah. Meski hanya pasar dadakan, barang-barang yang dijual di Sunday Morning sangatlah beragam. Mulai dari pakaian bisa, baju batik, tas, sepatu, sandal, dompet, topi, aksesoris, pernak-pernik, sprei, meja lipat, hingga peralatan rumah tangga, tanaman hias, dan hewan peliharaan.
Seperti kondisi pasar pada umumnya, untuk mendapatkan barang dengan harga termurah Anda harus pandai-pandai menawar. Jika Anda tidak bisa menawar, Anda akan mendapatkan barang dengan harga yang sama dengan barang-barang di pasar lainnya. Selain itu Anda juga harus siap untuk berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya, sebab jalan yang digunakan sebagai lokasi Sunday Morning cukup penuh dengan deretan pedagang, baik di sisi kanan maupun sisi kiri jalan.
Berhubung para pengunjung yang datang ke Sunday Morning rata-rata bertujuan untuk berolahraga, maka tak heran jika sebagain besar dari mereka mengenakan kostum olahraga. Beberapa pengunjung juga datang dengan penampilan baru bangun tidur alias tidak rapi dan belum mandi. Namun justru disitulah letak keunikan Sunday Morning UGM ini.
Sunday Morning UGM terletak di sepanjang jalan Notonegoro, yang memisahkan Kampus UGM dan Kampus UNY, membujur dari Selokam Mataram hingga Perempatan Sagan, Kabupaten Sleman.
Lokasi Sunday Morning mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda dapat mencapai tempat ini dari Jalan Kolombo, Jalan Gejayan, dan Selokan Mataram. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda dapat memarkirnya di Kompleks Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY), jalan di depan Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Boulevard UGM, dan di depan Kampus Diploma Ekonomi UGM.
Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir, ada banyak bus umum yang melayani rute melewati lingkar UGM, antara lain bus jalur 4, jalur 7, jalur 12, dan jalur 15. Selain itu, Anda juga dapat naik becak atau taksi untuk mencapai area Sunday Morning UGM. Tidak ada tiket yang perlu dibayarkan untuk dapat memasuki areal Sunday Morning UGM. Jika Anda membawa kendaraan Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 1.000,00.
Berhubung berlokasi di antara dua kampus universitas negeri yang ada di Yogyakarta, meski hanya bersifat dadakan, yang muncul seminggu sekali, fasilitas yang ada di sekitar lokasi yang digunakan sebagai pasar sudah amat lengkap. Mulai dari Wisma MM UGM, Hotel UNY, Kolam Renang, fitness center, warnet, pom bensin, rumah makan, semua dapat diperoleh dengan mudah di sekitar Sunday Morning UGM.

Categories: Liburan Asik.. | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: